RSS






melihat pembahasan sebelumnyatentang virus wah ternyata ganas-ganas banget kan kawand makanya Mengingat pentingnya peran antivirus pada komputer maka berbagai macam antivirus pun mulai dikembangkan oleh berbagai macam perusahaan maupun perorangan guna melindungi komputer mereka secara pribadi, maupun dengan tujuan untuk dikomersilkan.

Ada 2 macam pengguna Antivirus. Yakni Home User dan Network/ Corporate User.

Untuk Home user, antivirus berjalan sebagaimana kita biasa yang kita gunakan di rumah, yakni untuk melindungi komputer-komputer yang kita gunakan secara pribadi dari serangan virus
. Namun, untuk versi network/ corporate, antivirus dapat melakukan scan di komputer-komputer client yang dipunyai perusahaan dan network drive.

Di bawah ini terdapat daftar nama-nama antivirus yang berada di dalam maupun di luar negeri. Sebagian dari nama-nama antivirus di bawah ini merupakan antivirus yang menduduki peringkat terbaik, baik di dalam maupun di luar negeri. Nama-nama antivirus tersebut antara lain sebagai berikut.

1. AVG Anti-Virus
2. Avira AntiVir
3. Avast! Antivirus
4. BitDefender Antivirus
5. Kasperskey Anti-Virus
6. Webroot AntiVirus with SpySweeper
7. Norton AntiVirus
8. ESET Nod32 Antivirus
9. G DATA AntiVirus
10. Trend Micro AntiVirus
11. McAfee VirusScan
12. Panda AntiVirus
13. SMADAV
14. PC Media AntiVirus
15. ANSAV
16. Trustport
17. E-Secure
18. Sophos Anti-Virus
19. Norman Antivirus & Anti-Spyware
20. Kingsoft Antivirus
21. eScan Anti-Virus
22. F-Secure Anti-Virus
23. Microsoft Live OneCare
24. Anyware AntiVirus
25. F-Prot Antivirus
26. PC Tools antivirus
27. ZoneAlarm Antivirus
28. CA Antivirus
29. Vipre Antivirus + Antispyware
30. CyberDefender Early Detection Center
31. ViRobot Desktop
32. RAV AntiVirus
33. MKS Vir
34. Per AntiVirus
35. VirusBuster

Untuk membasmi virus kita tak cukup hanya mengandalkan antivirus buatan luar negeri saja. Sebaiknya, kita juga harus menginstal antivirus buatan Indonesia. Kenapa?

Virus-virus lokal kini tak terhitung lagi jumlahnya. Antivirus luar negeri umumnya tidak bisa mengenali virus-virus buatan lokal ini, karena mereka tidak memungkinkan untuk mengecek satu persatu virus yang ada di setiap negara. Nah, untuk itulah antivirus lokal sangat diperlukan untuk menaklukkan virus-virus lokal.

Saat ini ada banyak sekali Antivirus buatan Indonesia yang bisa kita gunakan secara gratis. Namun dari sekian banyak antivirus lokal itu, hanya ada beberapa saja yang cukup terkenal dan dipakai banyak orang. Berikut adalah antivirus-antivirus buatan Indonesia tersebut.

1 Smadav

Antivirus ini mampu dijalankan bersamaan dengan antivirus asing lainnya. Sehingga Anda dapat melindungi komputer Anda dari serangan virus lokal maupun virus global. Adapun fitur yang dimiliki antivirus ini adalah: teknologi smaRTP, smaRT-Protection, smad-behavior, smad-lock, pembersih dokumen yang terinfeksi, serta pembersihan dan perbaikan.

Saat ini versi terbaru dari antivirus ini adalah Smadav 8.3. Antivirus ini memiliki ukuran kurang lebih 1,5 MB dan bisa berjalan pada sistem operasi Windows 2000/ XP/ Vista/ 7.

2 PCMAV

Antivirus ini adalah kepanjangan dari PC Media Antivirus. Antivirus ini merupakan antivirus gratis yang dikembangkan oleh PC Media, sebuah majalah komputer terbesar di Indonesia yang terbit setiap bulan.

Antivirus ini selain berjalan menggunakan engine sendiri, bisa juga menggunakan engine dari ClamAV sebagai plug-in yang diklaim akan mampu mendeteksi virus lebih banyak.

Namun sayangnya, antivirus yang dimulai dari awal 2006 ini, proses scanning-nya terlalu lama. Sehingga bagi Anda yang memiliki spesifikasi komputer rendah, Anda harus sedikit bersabar karena perfoma komputer Anda akan sedikit menurun. Saat ini PCMAV 4.1 telah dirilis, yang mampu mengenali 3.494 virus dan variannya.

3 Ansav

Antivirus buatan Indonesia lainnya yang cukup populer adalah Ansav. Antivirus ini mempunyai ukuran yang cukup kecil, yakni sekitar 800 KB. Selain bisa digunakan untuk membasmi virus, Ansav juga bisa digunakan untuk memperbaiki sistem registry yang dirusak oleh virus. Uniknya antivirus ini memiliki 4 bahasa yakni: Inggris, Jawa, Palembang, dan Indonesia.

Itulah beberapa Antivirus buatan Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk membasmi virus di komputer Anda. Bagi Anda yang menemukan virus yang belum bisa dideteksi oleh antivirus-antivirus tersebut, Anda bisa mengirimkannya kepada mereka untuk diteliti.

tapi kaliand juga harus tahu sama nama-nama dan kegunaan antivirus buatan luar negri !! biar gak gaptek !!! hehehe !! makanya Disini saya akan menjelaskan macam-macam antivirus yang ada di dunia ini :
1. AVG Free Edition 9.0.704
Antivirus ini cocok dipakai pengguna komputer rumahan. Software ini dibuat oleh perusahaan Grisoft ini pertama kali dikeluarkan sekitar tahun 1991. AVG cukup serius menangani permasalahan virus. AVG juga dilengkapi anti-spywareyang memiliki banyak kegunaaan seperti mendeteksi dan mencegah spyware,adware, trojan , virus, worm, hijacker, spy-bot, pop-up dan memblokir software dari situs yang berpotensi berbahaya ketika terhubung internet.

2. Avast! Professional Edition 5.0.252 Beta

Avast ditujukan untuk pengguna rumahan. Avast mendapat penilaian bagus dari beberapa situs downlad untuk sistem keamanan terhadap virus. Avast dikembangkan oleh ALWIL Software yang berpusat di Prague, Republik Ceko. Keunggulan dari Avast yaitu kemampuan mengatur pendeteksian file ketika men-download file, instant message, atau e-mail. Serta fitur seperti anti-rootkit dan anti-spyware.
3. Avira AntiVir Premium 9.0.0.452 Full
Avira merupakan antivirus yang ditujukan untuk pengguna komputer rumahan dan tidak dianjurkan untuk perusahaan. Dikembangkan oleh perusaah Jerman yakni “H+BEDV Datentechnik GmbH”. Keunggulan Avira adalah mampu mendeteksi virus yang tidak terdeteksi oleh antivirus lain, pemakaian memori yang relatif kecil, fasilitas mencari nama virus yang terdaftar dan update virus definition yang relatif cepat. Avira juga mampu mendeteksi virus trojan atau worm virus.

4. Kaspersky Internet Security 2010
Dikembangkan oleh Kaspersky Lab yang berpusat di Moskow, Russia. Pada tahun 2005 Kaspersky termasuk 100 perusahaan yang berperan penting dalam inovasi teknologi.
Saat ini Kaspersky antivirus merupakan antivirus paling banyak digunakan.

5. Smadav
Smadav adalah antivirus asli buatan Indonesia. Bertujuan untuk mengamankan komputer Anda dari serangan virus lokal. Keunggulan dari Smadav antara lain scanning virus yang cepat, secara otomatis men-scan flashdisk dengan cepat, dan auto update di Vista dan Win 7.

6. PCMAV 2.2a
Sama seperti Smadav, antivirus ini adalah buatan anak bangsa. Dibuat oleh PC Media. Antivirus ini bisa di dapat juga dari majalah PC Media atau Koran PC Mild. Antivirus ini diklaim sebagai antivirus terbaik buatan Indonesia. Keunggulan PCMAV adalah adanya engine hooking RTP dan selalu meng-update virus-virus yang merajalela di Indonesia.

7. McAfee Total Protection 2009
Dibuat oleh McAfee Inc. yang berpusat di Santa Clara, California. Keunggulannya adalah easy to use, adanya anti-spam dan anti-spyware, cepat dalam proses scanning, dan adanya system guards.

8. Norton Internet Security 2010
Dikembangkan oleh Symantec Corp. Antivirus ini menawarkan keamanan komputer, web, backup dan alat pemeliharaan komputer. Norton memiliki pelindung terhadap virus, trojan, spyware dan adware.

tapi sebelum kita memilih anti virus kita harus tau dulu apasih Alasan Memilih Antivirus Bagus ??

Virus dapat merusak komputer baik dari sisi software maupun merusak komponen hardware komputer secara permanen. Salah satu tujuan utama diciptakannya virus adalah menggandakan diri. Dan karena kemampuan menggandakan diri inilah virus dapat sangat cepat menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya.

Umumnya virus diciptakan untuk menyebabkan hilangnya data, memenuhi memori komputer sehingga performa komputer akan turun drastis, atau membuat komputer tidak bisa menyala sama sekali dan lain sebagainya. Virus pun makin berkembang setiap saat, maka dari sisi itulah kita harus memilih antivirus yang tepat dan berfungsi secara maksimal.

ini dia Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Banyak jenis dan merek antivirus yang beredar di pasaran, bahkan ada beberapa antivirus yang namanya telah melambung tinggi melebihi antivirus yang lain. Tapi nama yang besar tidak selalu menjadi patokan untuk menjadi antivirus yang bagus. Ada beberapa hal penting yang harus diketahui dalam memilih antivirus bagus untuk komputer Anda.

* Seberapa sering perusahaan antivirus mengeluarkan update proteksi pendefinisian virus. Pendefinisian virus adalah sebuah perangkat lunak yang mengenali jenis-jenis virus terkini. Biasanya, semakin sering update pendefinisian virus semakin kecil juga kemungkinan komputer kita terkena virus. Jadi sudah jelas Anda membutuhkan antivirus yang sering meng-update definisi virus dengan cepat.

* Bisakah antivirus yang anda pilih meng-update definisi antivirus secara otomatis? Biasanya update antivirus Ailakukan ketika anda sedang online di internet. Antivirus yang bagus juga biasanya otomatis mengunduh definisi virus terkini dari pusat antivirusnya. Hal ini penting untuk menghindari tertinggalnya definisi antivirus yang Anda miliki seandainya Anda lupa untuk meng-update-nya.

* Bisakah antivirus Anda melakukan pemeriksaan rutin pada komputer anda? Sering sekali Anda menemui situsi dimana komputer terjangkit virus tetapi tidak menimbulkan gejala-gejala secara langsung sehingga komputer terlihat seperti bebas dari virus. Cara terbaik untuk meyakinkan bahwa komputer dalam status bebas virus adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin virus terhadap komputer Anda. Pastikan antivirus yang Anda pilih mampu melakukan pemeriksaan rutin terhadap komputer meski Anda sedang melakukan pekerjaan lain dikomputer.

* Dapatkah antivirus memilih jalan yang terbaik untuk memusnahkan virus? Banyak antivirus yang dapat mendeteksi adanya virus tetapi tidak dapat menemukan cara untuk memusnahkannya. Dan sering pula virus menginfeksi dokumen kita. Virus seperti ini biasanya bisa dibersihkan tanpa harus menghapus dokumen yang kita miliki, namun tidak semua antivirus dapat membersihkan dengan tepat. Terkadang antivirus melakukan aksi penghapusan dengan mengkarantina dokumen Anda.

* Perhatikan performa dari antivirus ketika bekerja, apakah mempengaruhi performa komputer anda secara signifikan atau tidak. Banyak antivirus ternama yang menyediakan proteksi tingkat tinggi namun menurunkan performa komputer itu sendiri karena memakan banyak sumber daya memori untuk menjalankan antivirusnya, sehingga proses lain yang berada di komputer Anda pun menjadi terganggu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar